Januari 24, 2009

Flossing

Januari 24, 2009
Pernah mendengar kata ‘flossing’? Kalau anda pernah melihat iklan pizza di TV, pasti anda pernah mendengar kata tersebut, namun flossing dalam kedokteran gigi memiliki makna yang jauh lebih penting dari sekedar makan.

Flossing yang saya maksud adalah membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss atau yang populer sebagai benang gigi.

Teknik flossing yang benar dapat membersihkan kumpulan plak dan sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi atau di bagian bawah gusi anda—bagian yang tidak dapat dicapai oleh sikat gigi.

Karena plak dapat menyebabkan lubang gigi di sela-sela gigi atau gusi, maka flossing sangat dianjurkan.

Benang gigi mudah diperoleh, anda dapat membelinya di apotek terdekat atau klinik gigi yang menyediakannya. Terdapat dua tipe benang gigi, yaitu
Nilon (multi-filamen)
PTFE (mono-filamen)

Benang nilon ada yang berlapis lilin dan tidak, serta memiliki berbagai macam rasa. Karena benang ini merupakan kumpulan dari beberapa benang nilon, terkadang akan terurai jika anda menariknya dari sela-sela gigi yang sangat sempit.

PTFE, meskipun harganya lebih mahal, namun lebih efektif digunakan di sela-sela gigi yang sempit dan tidak akan terurai karena hanya terdiri dari satu benang. Jika digunakan dengan benar, kedua benang gigi tersebut efektif untuk membersihkan plak dan sisa makanan.

Untuk memperoleh manfaat yang optimal, lakukan teknik flossing berikut ini:
Tarik kurang lebih 5-7 cm benang gigi dari wadahnya. Lingkarkan sebagian besar benang pada kedua jari tengah. Sisakan kurang lebih 1-2 cm di bagian tengahnya.

Pegang benang menggunakan ibu jari dan telunjuk anda, masukkan dan gesekkan benang di sela-sela gigi anda dengan arah naik-turun.

Benang dilekukkan sedikit di setiap dasar gigi, pastikan benang mencapai ke dalam gusi, langkah ini mungkin membuat gusi anda sedikit berdarah [jika terdapat karang gigi atau kumpulan plak]

Gunakan sisa benang yang bersih untuk setiap sela gigi.

Gunakan gerakan maju-mundur untuk memasukkan dan mengeluarkan benang dari sela-sela gigi.

Jika anda merasa kesulitan melakukan teknik flossing tersebut, hubungi dokter gigi anda, terdapat beberapa alternatif benang gigi lain yang tersedia.

Ingat, kebersihan mulut adalah cermin kesehatan tubuh anda. Lakukan flossing secara rutin seperti anda merasa wajib sikat gigi.

Dental Minded, Indonesia !!

1 komentar:

adin anton mengatakan...

takut berdarah gusinya.hihihi

Posting Komentar

 
Abby © 2008. Design by Pocket Blogger Templates