Januari 19, 2009

Waspadai Kebiasaan Mendengkur

Januari 19, 2009

Kebiasaan mendengkur dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun tahukah anda kalau kondisi gigi-geligi dan rongga mulut juga dapat menyebabkan kebiasaan mendengkur saat tidur? Dan tahukah anda bahwa kebiasaan ini dapat diramalkan sejak usia kanak-kanak.

Kebiasaan ini harus anda waspadai, karena selain mengganggu teman tidur anda, mendengkur, juga dapat membunuh anda saat tidur akibat suatu gangguan yang dinamakan sleep apnea.

Mendengkur terjadi akibat terhalangnya separuh jalan napas saat anda tidur. Biasanya, saat tidur dalam posisi terlentang. Mendengkur hanyalah suatu gangguan, namun sleep apnea adalah masalah yang lebih serius. Sleep apnea terjadi jika seluruh jalan napas terhalang selama 10 detik atau lebih sebanyak 15 kali atau lebih per jam.

Saat anda berhenti bernapas tersebut, jumlah oksigen yang dihirup berkurang, sehingga tekanan darah meningkat, anda beresiko terkena diabetes Tipe II, serangan jantung dan stroke.

Pada anak-anak, sleep apnea dapat menyebabkan anak hiperaktif dan agresif, memiliki kebiasaan mengompol, dan pertumbuhannya terhambat. Dalam kasus yang lebih ekstrim, anak dapat mengalami retardasi mental atau gagal jantung.

Kelainan gigitan, yang disebut sebagai maloklusi, dimana rahang atas lebih maju dibandingkan rahang bawah, pembesaran amandel, rahang sempit, dan langit-langit mulut tinggi/dalam merupakan beberapa kondisi rongga mulut yang dapat menyebabkan sleep apnea.

Perawatan yang tepat untuk mencegah kebiasaan mendengkur dan sleep apnea seharusnya dimulai sejak usia dini, menggunakan alat ortodontik fungsional. Alat fungsional ini akan mereposisi rahang bawah dan menarik lidah ke depan. Pemakaian alat fungsional ini disertai dengan pengoreksian kondisi gigitan menggunakan braket atau jenis alat ortodontik lainnya. Dapat juga dilakukan operasi amandel jika terjadi pembesaran.

Jadi, kebiasaan mendengkur dapat diatasi sejak usia dini. Kondisi gigi-geligi yang benar tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tapi juga mendukung kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Abby © 2008. Design by Pocket Blogger Templates