Januari 24, 2009

Jangan Lupa Membersihkan Lidah

Januari 24, 2009
Tidak menginginkan bau mulut? Jangan abaikan kebersihan lidah.

Menyikat gigi merupakan perawatan esensial untuk kesehatan mulut, namun tahukah anda ada beberapa perawatan tambahan lain yang perlu dilakukan sendiri di rumah sebagai bagian dari pemeliharaan rutin?

Menyikat lidah adalah salah satu diantaranya.

Dalam salah satu artikel terbaru dalam General Dentistry menyebutkan bahwa menyikat lidah menggunakan tongue scapper [sikat khusus lidah, red] terbukti efektif mengurangi bau mulut.


Namun, anda juga dapat menggunakan sikat gigi untuk menyikat lidah bagian tengah dan belakang, yang merupakan tempat utama berkumpulnya mikroba.

Jika anda merasa akan muntah saat menyikat lidah, pegang lidah anda dengan tangan kiri [atau tangan yang bebas] untuk menstabilkan lidah.

ADA [American Dental Association] menyatakan bahwa bau mulut merupakan tanda gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan, sinusitis kronis, diabetes, gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati dan ginjal.

Jika anda mengalami bau mulut dan dokter gigi anda menyatakan bahwa kesehatan mulut anda baik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter umum yang biasa merawat anda untuk mengetahui penyebab bau mulut.

Ingat, kesehatan mulut adalah cermin kesehatan tubuh anda. Jangan lupa membersihkan lidah saat menyikat gigi.

Dental Minded, Indonesia!!

4 komentar:

adin anton mengatakan...

aku sering mau muntah kalo sikat lidah. kenapa ya?

nidji mengatakan...

oke

tulang_ganteng mengatakan...

thankz infox..

Hesti Kusumaningrum mengatakan...

Awalnya seperti mau muntah membersihkan lidah sebelum/setelah sikat gigi,tapi setelah jadi kebiasaan gak muntah lagi kok..

Posting Komentar

 
Abby © 2008. Design by Pocket Blogger Templates